Kamis, 30 Desember 2010

Lucid Dream : Get Started

Mungkin anda sudah mengetahui apa itu Lucid Dream dari post saya yang sebelumnya. Teknik LD (Lucid Dream, mulai sekarang nyebutnya LD aja ya) yang saya berikan sebelumnya sebenarnya untuk orang yang sudah pernah mendapatkan LD, disini saya akan memberikan beberapa langkah-langkah mudah untuk mendapatkan LD bagi anda yang belum pernah sama sekali. Perlu diketahui teknik ini bukan sekali dicoba langsung berhasil tapi setelah sekitar 1-2 minggu anda akan mendapatkan LD pertama anda. Mari kita mulai.

1. Dream Journal
Well, saya lebih suka nyebutnya Dream Diary sih XD. Cara pertama yaitu menyimpan semua memori tentang mimpi anda setiap bangun tidur. Terserah mau ditulis di kertas
, direkam pake tape recorder, diketik di notepad, atau juga bisa anda gambar secara manual maupun digital. Yang penting segera catat mimpi anda seusai bangun tidur.

2. Dream Signs
Setelah menulis jurnal mimpi selama beberapa minggu, cari apa kesamaan dari tiap mimpi yang anda alami dan buatlah daftarnya. Contohnya orang-orang yang paling sering berada dalam mimpi anda, lokasi yang paling sering anda impikan, benda-benda, peristiwa, dan hal-hal lain yang paling sering berada dalam mimpi anda, buatlah daftarnya.

3. Reality Check
Tanyakanlah kepada diri anda sendiri "Apakah saya sedang bermimpi?" sesering mungkin, atau jika anda berada dalam suatu kejadian yang ada dalam Dream Signs anda. Kenapa? Karena kebiasaan ini akan terbawa dalam mimpi, dan apabila itu terjadi maka anda dapat memperoleh Lucid Dream dengan mudah XD.
Bingung? Saya jelaskan sebagai berikut :
- Di dalam mimpi, anda tidak bisa menekan saklar untuk menyalakan/memadamkan lampu, karena sistem pencahayaan dalam mimpi diatur oleh otak kita.
- Di dalam mimpi, coba lihat telapak tangan anda. Apa ada yang aneh? jumlah jari bertambah/berkurang?
- DI dalam mimpi, anda tidak akan bisa melihat diri anda sendiri secara utuh dan persis di cermin.
- Di dalam mimpi, cobalah untuk melompat beberapa kali. Apakah anda mulai melayang? atau bahkan latar berubah saat anda turun?
- Di dalam mimpi, anda tidak akan bisa membaca tulisan. Kalaupun anda bisa, coba pejamkan mata sebentar lalu lihat lagi, apakah tulisannya berubah?
Lakukan Reality Check sesering mungkin di kehidupan nyata anda, karena itu memperbesar kemungkinan anda memperoleh LUcid Dream.

4. I've Got It!!! Lucid Dream!!!
Jika anda sadar bahwa anda tengah sedang bermimpi, Selamat!!! Tapi jangan terlalu senang, perasaan emosi yang berlebihan akan membuat mimpi anda kabur alias Fade-Out. Sebelum memulai eksperimen yang lain kita bisa menambahkan ketajaman kepada mimpi kita dengan mengucapkan sesuatu seperti "Tambah Ketajaman!! Makin Lucid!! Lucid Dream x1000!!" dan semacamnya. Untuk merasakan hasilnya coba lihat warna-warna di sekeliling anda atau raba tekstur sesuatu di sekitar anda.

5. How To Wake Up
Mudah saja, perintahkan diri anda sendiri untuk bangun, cubit diri anda sendiri dalam mimpi, atau coba untuk berbaring memejamkan mata kemudian bangun..... Well, apabila cara-cara ini tidak berhasil, coba yang sedikit ekstrim seperti melompat dari ketinggian, teriak-teriak ga jelas di dalam mimpi, atau berlali dengan cepat ke arah tembok.

6. False Awakening
Terkadang kita bangun dari ranjang, menuju ke kamar mandi, gosok gigi, melakukan aktifitas bla bla bla..... Tapi kemudian kita bangun dari ranjang lagi. Anda kita anda sudah bangun padahal anda masih berada dalam mimpi. Untuk mencegah terjadinya hal ini, lakukan Reality Check setiap bangun tidur, dan jika berhasil anda akan memperpanjang durasi Lucid Dream anda.

7. Spinning Technique
Mimpi anda mulai kabur? Fade-Out? ucapan "Increase Lucidity" gak berhasil? Segera pejamkan mata dan lakukan gerakan berputar sambil membayangkan suatu lokasi, terserah berputar seperti apa mau seperti penari balet atau ikan stress yang penting berputar. Setelah melakukan putaran ada 3 kemungkinan :
a. Anda masih di dalam mimpi dan sadar bahwa anda masih bermimpi.
b. Anda masih di dalam mimpi tapi tidak sadar anda masih bermimpi.
c. Anda terbangun.

Well, untuk saat ini cukup, semoga anda mencoba mempelajari Lucid Dream sama seperti saya juga.

'Till the next dream :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar