Jumat, 02 November 2012

Tugas Konsep Teknologi


1. Apa itu Teknologi?

Teknologi berasal dari bahasa Yunani, tekhnologia (tekhno: seni atau pekerjaan tangan; logia: area studi), sehingga secara harfiah berarti studi atau ilmu pekerjaan tangan. Teknologi dapat mengacu pada beberapa hal, yakni
1. aplikasi (penerapan) peralatan dan metode untuk proses produksi
2. metode penerapan pengetahuan atau peralatan teknis
3. mesin dan sistem yang dianggap sebagai seperangkat
4. sekumpulan pengetahuan dari suatu masyarakat atau kebudayaan yang bersifat praktis (terapan).


Dari empat acuan tersebut, teknologi dapat diartikan sebagai sekumpulan prinsip, pengetahuan, dan cara yang dianut masyarakat mengenai penggunaan atau penerapan ilmu alam (sains) dan peralatan-peralatan yang dibuat umat manusia demi kemudahannya.
Teknologi tidak dapat dipisahkan dari hidup manusia. Kita menggunakannya dalam hidup sehari-hari. Contoh teknologi yang kita gunakan itu dapat dilihat pada benda-benda di sekitar kita, misalnya radio. Radio dikembangkan oleh Guilelmo Marconi dari Italia sejak tahun 1895. Konsep radio berkembang dari teori gelombang elektromagnetik. Radio berkembang pesat setelah Perang Dunia II dan membuka kemungkinan explorasi ruang angkasa.

Komputer juga merupakan contoh teknologi yang sangat memudahkan manusia. Pada awal dikembangkannya pada tahun 1945, komputer berukuran sebesar satu ruangan, tetapi kini komputer dapat berukuran sangat kecil dan dapat dibawa ke mana-mana.
Teknologi pada dasarnya berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Peradaban purba pun mengembangkan teknologi sederhana yang merupakan cikal bakal arsitektur, transportasi, komunikasi, persenjataan, dan bahkan komputasi. Bangsa dari peradaban tertua dunia sudah mengenal teknologi tinggi berabad-abad silam dalam hal membuat bangunan-bangunan besar, misalnya piramida Mesir, koloseum Romawi, Taman Gantung Babilonia, Mohenjo Daro, Tembok Raksasa Tiongkok, dan Candi Borobudur.

2. Apa Itu Teknik?

Teknik (Inggris: technique) adalah prosedur, cara penanganan, atau keterampilan yang digunakan untuk suatu pekerjaan tertentu. Dalam konteks teknologi, teknik mengacu kepada penerapan prinsip-prinsip sains (ilmu alam).

3. Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Masyarakat

Teknologi tinggi rupanya berpengaruh terhadap kultur masyarakat. Hal itu nampak dalam media seni dan karya sastra yang diinspirasi oleh teknologi yang sudah berkembang atau yang masih merupakan imajinasi manusia. Media tersebut antara lain
·        film:
1.      Jurrasic Park (1993) mengisahkan sebuah taman hiburan yang memiliki koleksi berbagai spesies dinosaurus yang diciptakan melalui kloning gen dari fosil nyamuk yang memakan darah dinosaurus. Jelas bahwa cerita film ini terinspirasi oleh teknologi kloning.
2.      The Matrix (1999) berkisah tentang pertarungan di dunia yang disebut Matrix, yang dipenuhi oleh mesin-mesin mutakhir dengan inteligensi buatan dan program komputer. Muatan teknologi informasi secara nyata memengaruhi film ini.
3.      Cats and Dogs (2001). Meskipun bersifat komedi fabel yang diinspirasi oleh perkelahian biasa antara kucing dengan anjing, di sini kucing dan anjing berperang dengan menggunakan persenjataan yang mutakhir dan peralatan komunikasi yang digunakan tentara perang.
·        novel fiksi
1.      The Time Machine (H. G. Wells), berkisah pengembaraan lintas-waktu seorang ilmuwan yang berhasil menciptakan mesin waktu. Nampak dalam novel ini imajinasi manusia untuk dapat melintasi waktu, suatu hal yang hingga kini masih mustahil.
2.      Twenty Thousands Leagues under the Sea (Jules Verne), berkisah tentang petualangan kapal selam Nautilus yang berekspedisi mencari sejenis monster bawah laut semacam paus narwhal raksasa. Kapal selam yang diceritakan dalam novel ini menggunakan natrium dari air laut sebagai sumber energi dan memiliki kecepatan maksimum 50 knot (92,60 km per jam), belum ada saat novel ini dipublikasikan (1870).
3.      Frankenstein (Mary Shelley), berkisah tentang seorang ilmuwan gila yang menciptakan monster dari serpihan dan potongan orang mati yang disatukan dan dihidupkan menggunakan listrik dan petir.


______________________________________________________________________________

Dicky Teja Pratama
Teknik Informatika | 06.2012.1.06068
ITATS 2012



Tidak ada komentar:

Posting Komentar